Kamis, 25 Oktober 2012

Menggambar dengan menggunakan Geogebra

Menggambar dengan menggunkan Geogebra

Kita akan membuat 3 macam bentuk bangun menggunakan geogebra.

 1) Membuat Lingkaran Dalam Segitiga.

 Buka aplikasi Geogebra. Akan muncul gambar seperti dibawah ini.



lalu hilangkan garis sumbu menggunakan Tampilan, Sumbu-sumbu.
Tampilan akan berubah menjadi seperti gambar dibawah ini.
selanjutnya dalam Membuat Lingkaran Dalam Segitiga 
adalah dengan membuat segitiga, 
caranya buat garis dengan Ruas Garis di Antara Dua Titik.

Lalu buat segitiga ABC. Lalu buat Garis Bagi Sudut 
titik A dengan garis b, titik B dengan garis c) 
untuk mencari titik bagi segitga ABC. 
Lalu, buat Perpotongan Dua Objek (klik garis Ab dan Bc), 
akan menghasilkan titik D (titik pusat lingkaran). 
Terakhir buat lingkaran, Lingkaran Dengan Pusat 
Melalui Titik dan menyinggung garis a, menghasilkan titik E.
lalu, di PrintScreen dengan cara tekan PrtSc di tombol keyboard, lalu ke Paint, save.
  2) Membuat Lingkaran Luar Segitiga.
Caranya, pertama buat Garis Dengan Ruas Garis di Antara Dua Titik. 
Lalu buat segitiga ABC. 
Lalu buat garis menggunakan Garis Tengah Tegak Lurus,
 pilih dua garis saja (garis a, garis c). Setelah itu, 
buat Perpotongan Dua Objek yang tadi sudah melewati garis a dan c, 
akan menghasilkan titik D (titik pusat). 
garis d dan e adalah garis sumbu (garis yang tegak lurus membagi dua garis). 
Terakhir buat lingkaran, Lingkaran Dengan Pusat Melalui Titik (D).
lalu, di PrintScreen dengan cara tekan PrtSc di tombol keyboard,
 lalu ke Paint, save.
  3) Buat gambar awal seperti dibawah ini, Persegi Panjang 
dipotong dengan dua bagian yang berbeda.
Lalu, buat garis, Ruas Garis Di Antara Dua Titik,
 menghasilkan titik g. Lalu buat Garis Sejajar garis g dan titik F, garis h. 
Lalu buat garis dengan Ruas Garis Di Antara Dua Titik 
antara titik G dan garis perpotongan h dengan garis AD, 
menghasilkan titik H. Dengan menggunakan Poligon, 
untuk membuat pola. A-B-G-F-E-A, dan A-H-G-D-A. 
Lalu lihat hasil poli disebelah kiri apakah sama atau tidak. 
Andaikan sama maka benar, jika tidak sama maka salah. Lihat gambar di bawah ini.
Lalu, di PrintScreen dengan cara tekan PrtSc di tombol keyboard, lalu ke Paint, save.
Demikaianlah cara menggambar dengan menggunakan Geogebra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar