Jumat, 05 Oktober 2012

Jurnal Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Matematika

Review :



Dunia Pendidikan diharapkan dapat membentuk manusia yang berpikir kritis, kreatif, inovatif, produktif, bertanggung jawab,dan berkepribadian yang baik
Namun demikian, kenyataan menunjukkan mutu pendidikan di Indonesia sampai saat ini masih rendah. Dilihat dari peringkat Negara, kualitas pendidikan Indonesia berada pada urutan ke-160 dunia dan urutan ke-16 di Asia. Bahkan secara rata-rata, Indonesia masih berada di bawah Vietnam.(Sumber: www.topix.com/forum/world/malaysia/)
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit untuk dipelajari. Hal ini tejadi karena matematika memiliki banyak symbol, variabel-variabel, dan istilah-istilah yang ada dalam model matematika
Oleh karena itu, guru hendaknya membawa siswa ke dalam pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan memanfaatkan media pembelajaran agar siswa dapat belajar secara maksimal. Sehingga siswa akan lebih menghormati guru dan termotivasi untuk belajar matematika. Pembelajaran dengan media berbasis ICT dirasa dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar matematika
Untuk menyikapi masalah tersebut, Dalam menyusun pembelajaran harus memperhatikan kondisi siswa dan kondisi sekolahan. Misalnya pembelajaran matematika dengan menggunakan media pembelajaran yang berbasis ICT yang dibuat sedemikian sehingga dapat meningkatkan aspek etika dan motivasi dalam pembelajaran matematika.
Pembelajaran berbasis ICT berbeda dengan pembelajaran konvensional. Pada pembelajaran ini guru menyajikan materi dengan memanfaatkan media komputer/ laptop dan LCD.
Guru dapat menggunakan Microsoft Power point untuk menyajikan materi kepada siswa, guru dapat memanfaatkan animasi-animasi yang ada dalam program Microsoft Power Point untuk menarik perhatian siswa.

Sumber :

http://setyono.blogspot.com/2011/04/penggunaan-media-pembelajaran-berbasis.html

1 komentar: