Dunia Pendidikan diharapkan dapat
membentuk manusia yang berpikir kritis, kreatif, inovatif, produktif,
bertanggung jawab,dan berkepribadian yang baik
Namun demikian, kenyataan menunjukkan mutu pendidikan di
Indonesia sampai saat ini masih rendah. Dilihat dari peringkat Negara, kualitas pendidikan Indonesia
berada pada urutan ke-160 dunia dan urutan ke-16 di Asia. Bahkan secara
rata-rata, Indonesia masih berada di bawah Vietnam.(Sumber: www.topix.com/forum/world/malaysia/)
Matematika merupakan salah satu
mata pelajaran yang dianggap sulit untuk dipelajari. Hal ini tejadi karena
matematika memiliki banyak symbol, variabel-variabel, dan istilah-istilah yang
ada dalam model matematika
Oleh karena itu, guru hendaknya membawa siswa ke dalam
pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan memanfaatkan media pembelajaran agar
siswa dapat belajar secara maksimal. Sehingga siswa akan lebih menghormati guru
dan termotivasi untuk belajar matematika. Pembelajaran dengan media berbasis
ICT dirasa dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar matematika
Untuk menyikapi masalah tersebut, Dalam menyusun
pembelajaran harus memperhatikan kondisi siswa dan kondisi sekolahan. Misalnya
pembelajaran matematika dengan menggunakan media pembelajaran yang berbasis ICT
yang dibuat sedemikian sehingga dapat meningkatkan aspek etika dan motivasi
dalam pembelajaran matematika.
Pembelajaran berbasis ICT berbeda dengan pembelajaran konvensional. Pada pembelajaran ini guru menyajikan materi dengan memanfaatkan media komputer/ laptop dan LCD.
Pembelajaran berbasis ICT berbeda dengan pembelajaran konvensional. Pada pembelajaran ini guru menyajikan materi dengan memanfaatkan media komputer/ laptop dan LCD.
Guru dapat menggunakan Microsoft Power point untuk menyajikan
materi kepada siswa, guru dapat memanfaatkan animasi-animasi yang ada dalam
program Microsoft Power Point untuk menarik perhatian siswa.
Sumber :
http://setyono.blogspot.com/2011/04/penggunaan-media-pembelajaran-berbasis.html
ya sama-sama
BalasHapus