Graphmatika adalah
salah satu software yang dapat digunakan dalam menyelesaikan persamaan atau
pertidaksamaan Linear.
Berikut adalah gambar tampilan dari
software Graphmatika.
Gambar 1
Jika tampilan yang tampak bukan berwarna
putih,
cara menggantinya dengan cara klik Options => Graphpaper => Color
=> lalu Enter.
(Sebelum mulai menyelesaikan soal dengan
bantuan software ini, adakalanya kita membuat kesepakatan yaitu menulis kebalikan
tanda pertidaksamaan dari soal yang
diberikan.)
Penyelesaian
pertidaksamaan Linear
Contoh 1:
Tentukan himpunan penyelesaian dari
persamaan
2x-y <= 1ditulis
2x-y>=1
3x+y<=14 ditulis 3x+y>=14
x-3x<=-2 ditulis x-3y>=-2
x>=0 ditulis x<=0
x>=0ditulis y<=0
Setelah ditemukan daerah himpunan
penyelesaian,
untuk menulis nama titik klik Edit => Annotation => tulis A
pada kotak bagian atas =>klik Place.
Begitu seterusnya.
Grafik
Fungsi Kuadrat
Contoh 2:
y=x ditulis y=x^2
Untuk melihat titik-titik koordinat, klik
View => Pointables
Untuk mengetahui y jika salah satu x diketahui, klik Tools => Evaluate => Solve
(missal nilai x=4) =>Calculate.
Maka akan dihitung nilai y =16
Menghitung
Integral atau Luas Daerah dibawah Kurva atau yang Berbatasan dengan Dua Kurva
y=-x^2+3x
y=x
Untuk mengetahui luas kurva, klik
Calculus => Integrate => block mencari luas yang diinginkan
(misal daerah
seperti pada gambar dibawah ini).
Isi Integrate Curve
dengan aturan Equation 1 => y=-x^2+3x
dan
Equation 2 => y=x . From 0 to 2
Lalu
klik Calculate.
Menentukan Garis
Singgung Parabola
x^2+2x-5y-9=0
Langkah-langkah
menentukan garis singgung parabola,
yaitu klik Calculus => Draw Tangent
=> klik dititik mana saja (misal x=4, y=3),
kemudian akan terlihat slope =
2.0 , Tangent Line y=2x-5 =>
Calculate.
Demikian beberapa
penyelesaian yang dapat dilakukan dengan Graphmatika,
adapun kekurangannya
ialah tidak bisa dilakukan pengembalian (Undo) jika dalam langkah-langkah
terjadi kesalahan
Demikianlah penyelesaian Pertidaksamaan dengan menggunakan Aplikasi Graphmatica.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar