Minggu, 18 November 2012

Pertidaksamaan Linear Dengan GRAPHMATICA

Graphmatika adalah salah satu software yang dapat digunakan dalam menyelesaikan persamaan atau pertidaksamaan Linear.
 
Berikut adalah gambar tampilan dari software Graphmatika.
Gambar 1

Jika tampilan yang tampak bukan berwarna putih,
cara menggantinya dengan cara klik Options => Graphpaper => Color => lalu Enter.
(Sebelum mulai menyelesaikan soal dengan bantuan software ini, adakalanya kita membuat kesepakatan yaitu menulis kebalikan tanda pertidaksamaan  dari soal yang diberikan.)
 
          Penyelesaian pertidaksamaan Linear
 
Contoh  1:
Tentukan himpunan penyelesaian dari persamaan
2x-y <= 1ditulis 2x-y>=1
 



3x+y<=14 ditulis 3x+y>=14
 

x-3x<=-2 ditulis x-3y>=-2
 

x>=0 ditulis x<=0
x>=0ditulis y<=0
 

Setelah ditemukan daerah himpunan penyelesaian,
untuk menulis nama titik klik Edit => Annotation => tulis A pada kotak bagian atas =>klik Place. 
Begitu seterusnya.
      Grafik Fungsi Kuadrat
 
Contoh 2:
y=x ditulis y=x^2
Untuk melihat titik-titik koordinat, klik View => Pointables
 

Untuk mengetahui y jika salah satu x diketahui, klik Tools => Evaluate => Solve (missal nilai x=4) =>Calculate.
Maka akan dihitung nilai y =16
 
      Menghitung Integral atau Luas Daerah dibawah Kurva atau yang Berbatasan dengan Dua Kurva
y=-x^2+3x
y=x
 
Untuk mengetahui luas kurva, klik Calculus => Integrate => block mencari luas yang diinginkan
(misal daerah seperti pada gambar dibawah ini).
Isi Integrate Curve dengan aturan Equation 1 => y=-x^2+3x
                                            dan Equation 2 => y=x . From 0 to 2
Lalu klik Calculate.
 


           Menentukan Garis Singgung Parabola
 
x^2+2x-5y-9=0
Langkah-langkah menentukan garis singgung parabola, 
yaitu klik Calculus => Draw Tangent => klik dititik mana saja (misal x=4, y=3), 
kemudian akan terlihat slope = 2.0 , Tangent Line y=2x-5  => Calculate.
 
Demikian beberapa penyelesaian yang dapat dilakukan dengan Graphmatika, 
adapun kekurangannya ialah tidak bisa dilakukan pengembalian (Undo) jika dalam langkah-langkah terjadi kesalahan



Demikianlah penyelesaian Pertidaksamaan dengan menggunakan Aplikasi Graphmatica.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar